Jumat, 09 Januari 2009

TUGAS AKHIR SEMESTER CHARECTER BUILDING

TUGAS AKHIR SEMESTER CHARACTER BUILDING

Nama: Agung Ismail

Kelas: 1 B

NIM : 108011000061

Pengaruh Mata Kuliah Character Building Bagi Diri Saya,Setelah Melaksanakan Berbagai Program Sebagai Berikut :

1. TAQWA

Menurut arti harfiah taqwa berarti: hati-hati, ingat, mawas diri dan waspada. Menurut arti secara global taqwa berarti menjalani perintah Allah dan menjauhkan segala larangannya, sesuai firman Allah pada surat Al-baqoroh ayat 21 yang artinya :

Hai manusia, sembahlah tuhan-Mu yang telah menciptakan Mu dan orang-orang senelu Mu agar kamu bertaqwa.

Ciri-ciri orang yang bertaqwa:

v Beriman hanya kepada ALLAH SWT

v Mendirikan sholat lima waktu tepat waktu

v Bisa membaca Al-Qur’an yang baik dan benar

v Menjaga persahabatan secara islami

v Tidak suka berkata kotor,ghibah,dan namimah

Progaram yang saya laksanakan dari tanggal 27 November-28 Desember 2008:

Ø Mendirikan sholat lima waktu tepat waktu

Ø Membaca Al-Qur’an

Ø Memperdalam ilmu agama islam

Ø Tidak melakukan perbuatan tercela

Ø Tidak berjudi

Ø Diam berzikir selalu ingat ALLAH SWT

Ø Menghormati yang lebih tua dan mencintai yang muda

Ø Sabar dan ikhlas

Setelah saya melaksanakan program diatas, pengaruh pada diri saya adalah:

ü Dengan melakukan program selalu mendirikan sholat lima waktu tepat waktu dan selalu membaca Al-Qu’an setelah melakukan sholat, pengaruh pada diri saya pribadi sungguh banyak dan besar manfaatnya bagi diri saya, diantaranya adalah; saya menjadi lebih disiplin dengan waktu karna dengan menjalankan sholat tepat waktu melatih diri saya untuk disiplin dengan waktu dan juga mempertebal iman saya kepada ALLAH SWT dean juga menyadarkan diri saya begitu pentingnya bekal amal baik untuk dikehidupan akhirat kelak.

ü Dengan program memperdalam ilmu agama, tidak melakukan perbuatan tercela, dan tidak berjudi, pengaruh pada diri saya pribadi sungguh banyak dan besar manfaatnya bagi diri saya, diantaranya adalah; saya menjadi lebih banyak ilmu agama dan lebih mengetahui yang mana yang baik dan yang mana yang jelek dan juga dan lebih mendekatkan diri saya kepada ALLAH SWT dengan cara lebih bersyukur/berhemat kepada rizki dari ALLAH sehingga tidak melakukan berjudi.

ü Dengan program selalu berzikir, saling menghormati,dan sabar, pengaruh pada diri saya pribadi sungguh banyak dan besar manfaatnya bagi diri saya dalam hal meningkatkan ketaqwaan dan memperdalam iman kepada ALLAH SWT.

ü

KESIMPULAN:

Setelah membuat dan melaksanakan berbagai program meningkatkan ketaqwaan dari tanggal 27 November-28 Desember 2008 dan setelah saya membaca beberapa ciri orang bertaqwa dari buku Character Building. Maka program yang saya telah laksanakan selama ini sekitar 92%.

2. KEPRIBADIAN

Kepribadian adalah organisasi yang dinamis dalam individu yang mencakup sistem Psikofisis yang menentukan penyesuaian diri yang unik terhadap lingkungannya.

Cirri-ciri kepribadian:

v Perluasan diri

v Mempunyai diri yang hangat dengan orang lain

v Keamanan emosi

v Orang yang sehat memandang dunia secara objektif

v Mempunyai pemahaman diri

Progaram yang saya laksanakan dari tanggal 4-28 Desember 2008:

Ø Berusaha makan secara teratur

Ø Berusaha selalu berolah raga

Ø Dapat bergaul dan berinteraksi dengan baik

Ø Berusaha belajar dengan baik

Ø Dapat mengontrol emosi

Ø Bertanggung jawab dalam segala hal

Setelah saya melaksanakan program diatas, pengaruh pada diri saya adalah:

ü Dengan melakukan program berusaha makan secara teratur dan selalu berolah raga, badan saya menjadi sehat sehingga dapat melaksanakan aktufitas dengan baik.

ü Dengan melakukan program berusaha bergaul dengan baik, diri saya mempunyai banyak teman dan dapat saling bertukar pikiran.

ü Dengan melakukan program berusaha belajar dengan baik, saya dapat banyak memperoleh ilmu dan melatih diri dengan disiplin.

ü Dengan melakukan program dapat mengontrol emosi dan dapat bertanggung jawab, melatih diri saya untuk bersikap dewasa.

KESIMPULAN:

Setelah membuat dan melaksanakan berbagai program meningkatkan kepribadian dari tanggal 4-28 Desember 2008 dan setelah saya membaca beberapa ciri kepribadian dari buku Character Building. Maka program yang saya telah laksanakan selama ini sekitar 94%.

3. SOSIAL

Kematangan bersosialisasi sangat berkait dengan perkembangan sosial seseorang. Sedangkan perkembangan seseorang berarti perolehan kemampuan berprilaku sesuai dengan tuntunan sosial. Hadist Nabi SAW, yang artinya : dan Allah akan menolong hambanya, selama hambanya itu menolong saudaranya. ( HR. Muslim)

Ciri-ciri kematangan sosial:

v Dapat bertoleransi kepada sesame teman

v Ramah dan selalu berbuat baik kepada semua orang

v Soling tolong menolong

v Dapat memahami perasaan orang lain

v Ikut dalam program sosial

v Memberi nasiahat kepada teman yang salah

Progaram yang saya laksanakan dari tanggal 11-28 Desember 2008:

Ø Dapat berkomunikasi dengan baik

Ø Dapat beradaptasi di lingkungan rumah

Ø Tidak membeda bedakan teman

Ø Dapat bertoleransi kepada sesama teman

Ø Dapat membantu orang lain yang sedang mengalami kesusahan

Ø Dapat memberi nasihat kepada teman

Setelah saya melaksanakan program diatas, pengaruh pada diri saya adalah:

ü Dengan program dapat berkomunikasi dan dapat berinteraksi dengan baik adalah, saya menjadi lebih akrab dengan orang-orang disekitar saya.

ü Dengan program tidak membeda-bedakan teman dan dapat bertoleransi dengan teman, sya dapat mempunyai banyak teman dan menjadi disenangi teman saya.

ü Dengan program dapat membantu orang lain, jika sewaktu-waktu saya mendapat musibah maka teman saya akan dapat menolang saya pula.

ü Dengan program memberi nasihat kepada teman, disamping saya mendapatkan pahala, saya juga mendapat pelajaran dan nasihat dari apa yang saya ucapkan untuk orang lain itu.

KESIMPULAN:

Setelah membuat dan melaksanakan berbagai program meningkatkan kematangan social dari tanggal 11-28 Desember 2008 dan setelah saya membaca beberapa ciri kepribadian dari buku Character Building. Maka program yang saya telah laksanakan selama ini sekitar 90%.

4. INTELEKTUAL

Secara harfiah berasal dari bahasa inggris “ Intellectual” termasuk adjective (kata sifat). Intelektual menurut AS. Horenby et. Al berarti : having or showing good reasoning power, menunjukan kekuatan penalaran yang baik. Intelektual sebagai kata bnenda dal;am bahasa indonesia berarti cendikiawan. Hadis Nabi SAW. Yang artinya : Jadilah kamu orang yang mengajar atau belajar atau pendengar atau pencinta (simpatisan), dan jangan jadi macam orang yang ke lima maka kamu akan hancur. (HR. baihaqi)

Ciri-ciri Intelektual:

v Memiliki kemandirian berpikir

v Gemar membaca dan menulis

v Dapat mengikuti perkembangan zaman

v Dapat menguasai sains dan teknologi

v Dapat menerima kritik

v Dapat melahirkan gagasan-gagasan baru

Progaram yang saya laksanakan dari tanggal 18-28 Desember 2008:

Ø Dapat aktif dalam diskusi

Ø Menguasai bahasa asing

Ø Rajin membaca

Ø Dapat membuka internet

Ø Mengikuti seminar

Ø Mau belajar tentang berbagai macam alat teknologi modern

Setelah saya melaksanakan program diatas, pengaruh pada diri saya adalah:

ü Dengan program dapat aktif dalam diskusi, melatih diri saya untuk bagaimana untuk berbicara di depan oaring banyak

ü Dengan menguasai bahasa asing dan rajin membaca, dapat menambah ilmu bagi diri saya.

ü Dengan membuka internet dan mau belajar berbagai macam alat teknologi, saya dapat mengikuti perkembangan zaman.

ü Dengan program mengikuti seminar, saya dapat menggali ilmu lebih dalam bukan hanya di bangku kuliah saja.

KESIMPULAN:

Setelah membuat dan melaksanakan berbagai program meningkatkan kematangan social dari tanggal 18-28 Desember 2008 dan setelah saya membaca beberapa ciri kepribadian dari buku Character Building. Maka program yang saya telah laksanakan selama ini sekitar 89%.

1 komentar: